Jumat, 29 Januari 2016

JASA GEOLISTRIK

BY Jasa Bor Sumur IN No comments

Kebutuhan air untuk keperluan perumahan maupun industri 

saat ini sangat besar sehingga diperlukan penyediaan air yang besar pula. Untuk kebutuhan tersebut diharapkan sebagian besar akan dapat dipenuhi dari sumber air tanah dengan pembuatan sumur bor. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, perencanaan pengembangan sumur bor perlu ditunjang dengan pendugaan geolistrik terhadap lokasi proyek.Penyelidikan pendugaan geolistrik bertujuan untuk mengetahui keberadaan lapisan batuan yang berfungsi sebagai akuifer, dimana hasil pendugaan geolistrik ini akan memberikan gambaran tentang keadaan lapisan batuan bawah permukaan tanah seperti ketebalan, kedalaman, serta penyebaran lapisan batuan sehingga nantinya akan membantu perencanaan lokasi dan kedalaman sumur bor.Adapun peralatan yang digunakan dalam penyelidikan ini adalah sebagai berikut

 Resistivitimeter   
Elektroda arus yang terbuat dari logam atau stainless steel, elektroda potensial porous pot Cu-CuSO4  
Kabel
Alat komunikasi
GPS 
Palu atau martil dan alat penunjang lainnya.


Dasar Teori


Penyelidikan geolistrik dilakukan atas dasar sifat fisika batuan terhadap arus listrik, dimana setiap jenis batuan yang berbeda akan mempunyai harga tahanan jenis yang berbeda pula. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, diantaranya umur batuan, kandungan elektrolit, kepadatan batuan, jumlah mineral yang dikandungnya, porositas, permeabilitas dan lain sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut di atas apabila arus listrik searah (Direct Current) dialirkan ke dalam tanah melalui 2 (dua) elektroda arus A dan B, maka akan timbul beda potensial antara kedua elektroda arus tersebut. Beda potensial ini kemudian diukur oleh pesawat penerima (receiver) dalam satuan miliVolt.

Dalam penyelidikan geolistrik ini telah digunakan susunan elektroda dengan menggunakan susunan aturan Schlumberger dimana kedua elektroda potensial MN selalu ditempatkan diantara 2 buah elektroda arus.


Pada setiap pengukuran, elektroda arus AB selalu dipindahkan sesuai dengan jarak yang telah ditentukan, sedangkan elektroda potensial MN hanya bisa dipindahkan pada jarak-jarak tertentu dengan syarat bahwa jarak MN/2 ³ 1/5 jarak AB/2.

Oleh karena jarak elektroda selalu berubah pada setiap pengukuran, maka Hukum Ohm yang digunakan sebagai dasar setiap penyelidikan geolistrik dalam memperoleh harga tahanan jenis semu harus dikalikan dengan faktor jaraknya (K-Factor). Sehingga rumus untuk memperoleh harga tahanan jenis semu dapat ditulis sebagai berikut :

ra  = p.{(AB/2)2 - (MN/2)2}/MN. DV/I


DV
  I

dapat ditulis juga sebagai :
ra  = K.

dimana :
r a     = Tahanan jenis semu
K        = Konstanta faktor geometrik,
(K = p.{ (AB/2)2 - (MN/2)2 }/MN)
DV      = Beda potensial yang diukur (volt)
I         = Besar arus yang digunakan (Ampere)
AB      = Jarak elektroda arus AB (meter)
MN     = Jarak elektroda potensial MN (meter)



Add caption
Walaupun air terdapat di alam secara berlimpah karena menutupi sekitar 70% permukaan bumi, dengan jumlah sekitar 1.368 x 1015 m3,  namun tidak semua air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai air minum seperti, air laut karena tingkat keasinannya atau air tawar yang mengandung unsur kimia yang melebihi batas tertentu yang diizinkan  untuk dikonsumsi manusia.  Oleh karenanya untuk pencarian sumber air dengan kriteria tertentu harus dilakukan penelitian, misalnya untuk  penentuan  lokasi-lokasi keberadaan air tawar dan air asin.
Di beberapa bagian wilayah Nusantara sering mengalami kesulitan memperoleh air tawar. Hal ini diduga karena terperangkapnya air laut pada saat pengendapan sedimen sehingga berakibat terakumulasinya air berkualitas payau atau asin.
Berdasarkan kenyataan tersebut di atas, maka untuk mengetahui kondisi geologi dan hidrogeologinya, maka perlu dilakukan suatu kajian studi dengan menggunakan metoda geofisika (pendugaan geolistrik).

Didukung oleh tenaga Ahli dan Berpengalaman untuk wilayah seluruh Indonesia,
Kami Menawarkan Jasa Survey Geolistrik Air tanah dalam,
dengan menggunakan methode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger.

Team & Tenaga Ahli
Tenaga muda profesional dipadu dengan tenaga senior berpengalaman adalah perpaduan team kami, team kami adalah orang-orang terpilih yang sudah berkecimpung bertahun-tahun dalam job deskripsi yang dijalaninya, dan dengan program regenerasi dan pelatihan langsung dilapangan yang berkesinambungan.
Kami memiliki beberapa team yang siap bekerja secara simultan untuk mengejar schedule project, anda tidak perlu khawatir karena anda dikejar deadline,
 kami siap mengerahkan seluruh pasukan kami untuk membantu


GUNAKAN JASA PENGEBORAN SUMUR KAMI DENGAN PENGERJAAN TERBAIK DAN TERPERCAYA
More Info / Info Selengkapnya Hubungi Jasa Logging Sumur :
 Joko Murdiyanto . S.T
Indosat : 0856 – 9121 - 2424 
Simpati : 0813 - 1124 - 4499 
TLP & Whatsapp  
570F7F23

ALAMAT OFFICE : 
Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17434 (Pinggir Jalan Raya, Samping Gang SDN Jatirangga 2, Komp POLRI Jatirangga )
Akses terdekat wilayah :
Jati Sampurna, Kranggan, Cibubur, Cileungsi, Pondok Gede, Cilangkap, Komsen, Jati Asih

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM