Senin, 01 Februari 2016

TANGGAPAN GEMPA PAPUA BARAT 5.1 SR - 30 JANUARI 2016

BY Jasa Bor Sumur IN No comments

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di di Baratdaya Teluk Bintuni - Papua Barat, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG dan sumber-sumber lainnya sebagai berikut:

1. Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, Tanggal 30 Januari 2016 pukul 20:50:32 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat Gempa bumi berada pada koordinat 2.18°LS dan 133.33°BT, 30 km baratdaya bintuni – Papua barat dengan magnitudo 5,1 SR pada kedalaman 10 km.

TG Bintuni 20160130

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi:
Pusat gempa bumi berada di darat. Kejadian gempa bumi tersebut diperkirakan melanda wilayah yang tersusun oleh batuan berumur Tersier berupa batuan sedimen, batuan gunungapi, batuan beku dan batuan malihan. Goncangan gempa bumi akan terasa pada batuan endapan kuarter dan batuan tersier terlapukkan yang bersifat urai, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek goncangan, sehingga rentan terhadap goncangan Gempa bumi.

3. Penyebab gempa bumi:
Gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktifitas Sesar mendatar di darat berarah Barat –Timur

4. Dampak gempa bumi:
Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dan korban jiwa yang ditimbulkan oleh gempabumi ini.

5. Rekomendasi:
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemerintah Daerah setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
• Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena pusat gempa bumi berada di laut.



Sumber : http://pvmbg.geologi.esdm.go.id/index.php/gempabumi-a-tsunami/kejadian-gempabumi-a-tsunami/1110-tanggapan-gempa-papua-barat-51-sr-30-januari-2016

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM