Rabu, 02 Maret 2016

JASA PENGEBORAN SUMUR AIR, GEOLISTRIK & WELL LOGGING DI JAWA TENGAH

BY Jasa Bor Sumur IN , , , 6 comments

Water Supply Engineering Contractor
JASA GEOLISTRIK & WELL LOGGING JAWA TENGAH 

Peta Inondesia - Pekerjaan Geolistrik & Well Logging

DRILLING DIVISION :
 Pembuatan Sumur Bor Dalam (Deep Well), Pembuatan Sumur Dangkal (Shallow Well), Pembuatan Sumur Pantau (Monitoring Well), Dewatering System, Bore Pile, Bore Coring (Horizontal and Vertical), Automatic Water Level Record, Mechanical & Electrical, WTP, STP, RO
GEOLOGICAL SERVICE DIVISION :

 Pemeliharaan Sumur (By Air Compressor), Cabut/Pasang Submersible Pump, Geolectrial Survey, Logging Test, Pumping Test (Pompa Uji), Deep Well Inspection (Bore Hole Camera), Pengurusan Ijin Deep Well, Sumersible Pump (Sales/Service), Geological Consult


Berkas:Coat of arms of Central Java.svg
 Jasa Pengeboran Sumur & Bor Sumur | JasaGeologi.com | 0813-1124-4499

Jawa Tengah merupakan provinsi dari negara Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Kota Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi dari Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.
Peta Provinsi Jawa Tengah


Untuk mengetahui lebih jelas tentang energi sumber daya air dari kementrian ESDM silahkan kunjungi link ini : http://airtanah.geologi.esdm.go.id/?q=regulasi-tentang-air-tanah

Geologi Struktur Daerah Jawa 
Perkembangan tektonik pulau Jawa dapat dipelajari dari pola-pola struktur geologi dari waktu ke waktu. Struktur geologi yang ada di pulau Jawa memiliki pola-pola yang teratur.
  
Secara geologi pulau Jawa merupakan suatu komplek sejarah penurunan basin, pensesaran, perlipatan dan vulkanisme di bawah pengaruh stress regime yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Secara umum, ada tiga arah pola umum struktur yaitu arah Timur Laut –Barat Daya (NE-SW) yang disebut pola Meratus, arah Utara – Selatan (N-S) atau pola Sunda dan arah Timur – Barat (E-W) (Gambar 7).


Perubahan jalur penunjaman berumur kapur yang berarah Timur Laut – Barat Daya (NE-SW) menjadi relatif Timur – Barat (E-W) sejak kala Oligosen sampai sekarang telah menghasilkan tatanan geologi Tersier di Pulau Jawa yang sangat rumit disamping mengundang pertanyaan bagaimanakah mekanisme perubahan tersebut. Kerumitan tersebut dapat terlihat pada unsur struktur Pulau Jawa dan daerah sekitarnya

Pola stuktur di Pulau Jawa berupa pola Meratus , pola Sunda dan arah Timur – Barat (Sujanto dan Sumantri , 1977 dalam Natalia dkk., 2010).

Pola Meratus di bagian barat terekspresikan pada Sesar Cimandiri, di bagian tengah terekspresikan dari pola penyebarab singkapan batuan pra- Tersier di daerah KarangSambung.
 Sedangkan di bagian timur ditunjukkan oleh sesar pembatas Cekungan Pati, “Florence” timur, “Central Deep”. Cekungan Tuban dan juga tercermin dari pola konfigurasi Tinggian Karimun Jawa, Tinggian Bawean dan Tinggian Masalembo. Pola Meratus tampak lebih dominan terekspresikan di bagian timur. 

Pola Sunda berarah Utara - Selatan, di bagian barat tampak lebih dominan sementara perkembangan ke arah timur tidak terekspresikan.Ekspresi yang mencerminkan pola ini adalah pola sesar-sesar pembatas Cekungan Asri, Cekungan Sunda dan Cekungan Arjuna.
 Pola Sunda pada Umumnya berupa struktur regangan.Pola Jawa di bagian barat pola ini diwakili oleh sesar-sesar naik seperti sesar Beribis dan sesar-sesar dalam Cekungan Bogor. Di bagian tengah tampak pola dari sesar-sesar yang terdapat pada zona Serayu Utara dan Serayu Selatan (Gambar 8). Di bagian Timur ditunjukkan oleh arah Sesar Pegunungan Kendeng yang berupa sesar naik.
Dari data stratigrafi dan tektonik diketahui bahwa pola Meratus merupakan pola yang paling tua. Sesar-sesar yang termasuk dalam pola ini berumur Kapur sampai Paleosen dan tersebar dalam jalur Tinggian Karimun Jawa menerus melalui Karang Sambung hingga di daerah Cimandiri Jawa Barat. Sesar ini teraktifkan kembali oleh aktivitas tektonik yang lebih muda.
Pola Sunda lebih muda dari pola Meratus. Data seismik menunjukkan Pola Sunda telah mengaktifkan kembali sesar-sesar yang berpola Meratus pada Eosen Akhir hingga Oligosen Akhir. 

Pola Jawa menunjukkan pola termuda dan mengaktifkan kembali seluruh pola yang telah ada sebelumnya (Pulunggono, 1994 dalam Natalia dkk., 2010 ). Data seismik menunjukkan bahwa pola sesar naik dengan arah barat-timur masih aktif hingga sekarang.
Pola struktur dan sesar di Pulau Jawa ( Natalia dkk., 2010)

Referensi ; 
Natalia, Eka P., Taufiq Andhika , Roid Faqih M., Dharmaleksa S.E.P, Ade AkhyarNurdin , Belly Dharana Kertiyasa , Novianto Dwi Nugrohao, Bayu Hari Utomo. 2010.”Geologi Pulau  Jawa”. Univesitas Jenderal Soedirman : Purbalingga.


   Geolistrik adalah suatu metoda eksplorasi geofisika untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan  dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan batuan. Sifat-sifat kelistrikan tersebut adalah, antara lain. tahanan jenis (specific resistivity, conductivity, dielectrical  constant, kemampuan menimbulkan self potential dan medan induksi serta sifat menyimpan potensial dan lain-lain.

Metoda geolistrik menempati tempat yang unik pada klasifikasi geolistrik. Metoda - metoda ekpslorasi geolistrik sangat beragam, ada metoda yang dapat dimasukkan dalam kategori dinamis, akan tetapi ada juga yang dapat dimasukkan kedalam kategori statis. 

Well logging merupakan perekaman karakteristik dari suatu formasi batuan yang diperoleh melalui pengukuran pada sumur bor (Ellis & Singer,2008). Data yang dihasilkan disebut sebagai well log.Berdasarkan proses kerjanya, logging dibagi menjadi dua jenis yaitu wireline logging dan logging while drilling bor (Ellis & Singer,2008)1. Wireline logging  dilakukan ketika pemboran telah berhenti dan kabel digunakan sebagai alat untuk mentransmisikan data. 2. Logging while drilling, logging dapat dilakukan bersamaan dengan pemboran. Logging jenis ini tidak menggunakan kabel untuk mentransmisikan data. Saat ini logging while drilling lebih banyak digunakan karena lebih praktis sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien walaupun masih memiliki kekurangan berupa transmisi data yang tidak secepat wireline logging.
"Ayo segera hubungi kami untuk masalah prioritas penyediaan air bersih untuk rumah maupun indutri"
Contact Person / Hubungi Kami :

         
Bila anda masih memiliki pertanyaan dengan produk maupun layanan kami, anda dapat menghubungi kami di :

Joko Murdiyanto . S.T
  
 0856–9121-2424 / 0813-1124-4499 

( TLP/SMS/Whatsapp)
570F7F23 
( BBM PIN )






EMAIL : jasageolistrik@gmail.com


ALAMAT KANTOR : 

Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17434 (Pinggir Jalan Raya, Samping Gang SDN Jatirangga 2, Komp POLRI Jatirangga ) 

6 komentar:

  1. JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Banjarnegara
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Banyumas
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Batang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Blora
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Boyolali
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Brebes
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Cilacap
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Demak
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Grobogan
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Jepara
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kebumen
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kendal
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Klaten
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kudus
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Magelang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di PatiP
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Pekalongan
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Pemalang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Purbalingga
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Purworejo
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Rembang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Semarang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Sragen
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Sukoharjo
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di TegalSlawi
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Temanggung
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Wonogiri
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Wonosobo
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Magelang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Pekalongan
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Salatiga
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Semarang
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Surakarta
    JASAGEOLOGI.COM | Jasa Pengeboran Sumur Industri di Kota Tegal

    BalasHapus
  2. Ahli sumur bor jawa tengah siap melayani pembuatan sumur bor di jawa tengah dan jogja. Hubungi kami dan konsultasikan pada kami jika anda mengalami masalah terhadap sumur anda.

    Update proses pembuatan sumur bor jogjakarta dengan menggunakan mesin kelas menengah dan beberapa tukang yang cukup prefesional dibidang pembuatan sumur baik sumur bor dalam, sumur artesis, sumur gali, maupun sumur resapan. Pengerjan sumur bor di daerah beran kabupaten sleman yogyakarta ini terbilang lancar dan menghasilkan air yang jernih. Kepuasan pelanggan bagi kami nomor 1 dan selalu memaksimalkan pelayanan yang baik.
    Berikut foto proses pengerjaan pembuatan sumur di sleman jogjakarta dengan mesin kelas menengah:
    proses pembuatan sumur bor sleman jogjakarta
    Untuk mempercepat pengeboran tanah dalam proses pembuatan sumur bor, pada bagian atas diberi beban agar tekanan kebawah lebih besar dan pengeboran lebih cepat. Selain itu terdapat selang seperti foto dibawah dimana saat pengeboran selalu di aliri air agar tanah yang dibor naik kepermukaan. Hambatan utamanya jika terdapat batu yang sulit untuk dibor.
    Proses pembuatan sumur bor sleman jogjakarta
    Proses pengeboran sumur ini bisa berlangsung beberapa hari sesuai kedalam dan keadaan tanah apakah berbatu, dll. Namun hal ini tidak menjadikan kami kendala besar bagi kami karena kami selalu mengerjakan pembuatan sumur dengan alat yang lengkap, tenaga ahli yang profesional/berpengalaman serta pengerjaan yang baik.
    Hubungi Kami BANYU MILI ahli sum

    BalasHapus
  3. Sumur dalam atau deep well adalah sumur dengan kedalaman lebih dari 100m dimana kebutuhan air yang dihasilkan biasanya digunakan untuk skala komersil maupun industri. Sumur dalam mengambil sumber air tertekan dari lapisan aquifer atau zona jenuh dibawah tanah. Kedalaman pengeboran sumur dalam dapat berbeda untuk tiap-tiap lokasinya tergantung pada kondisi hidrogeologi dan izin oleh pemerintah lokal.

    Kami menerima pekerjaan pengeboran sumur bor untuk skala rumah tangga dengan kedalaman lebih dari 50m dan pembuatan sumur bor untuk kebutuhan industri dan rumah tangga dengan kedalaman sumur diatas 100m.

    Tahapan jasa pengeboran sumur air tanah yang kami tawarkan meliputi:

    Pemahaman kebutuhan debit air/kapasitas yang diinginkan oleh client,
    Survey area dan jasa geolistrik untuk mendeteksi sumber air dan kondisi tanah di lokasi pengeboran sumur agar target kebutuhan air yang diinginkan client dapat tercapai,
    perencanaan anggaran (budgeting),
    persetujuan & kontrak (optional),
    eksekusi pengeboran sumur air tanah.
    Jasa pengeboran sumur kami menggunakan peralatan modern dan didukung oleh tukang yang berpengalaman dengan supervisi langsung oleh teknisi water engineering dan eksplorasi air tanah profesional. Kami sanggup memberikan garansi untuk setiap jasa pengeboran sumur untuk setiap klien kami!
    *syarat dan ketentuan berlaku

    BalasHapus
  4. CV. INDONESIA DRILLING
    Water Supplay Engineering Contractor
    Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kel. Jatirangga Kec. Jatisampurna Bekasi 17434 0856-9121-2424, 0813-1124-4499, BBM: 570F7F23

    DRILLING DIVISION :
    Pembuatan Sumur Bor Dalam (Deep Well), Pembuatan Sumur Dangkal (Shallow Well), Pembuatan Sumur Pantau (Monitoring Well), Dewatering System, Bore Pile, Bore Coring (Horizontal and Vertical), Automatic Water Level Record, Mechanical & Electrical, WTP, STP, RO
    GEOLOGICAL SERVICE DIVISION :
    Pemeliharaan Sumur (By Air Compressor), Cabut/Pasang Submersible Pump, Geolectrial Survey, Logging Test, Pumping Test (Pompa Uji), Deep Well Inspection (Bore Hole Camera), Pengurusan Ijin Deep Well, Sumersible Pump (Sales/Service), Geological Consult
    JASA PENGURUGAN TANAH, PEMBUANGAN PUING DLL

    JASA PENGEBORAN SUMUR JET PUMP
    Sumur dengan kedalaman antara 25-100m biasanya membutuhkan pompa dengan kapasitas yang kuat seperti jet pump. Sumur seperti ini termasuk sumur untuk kebutuhan rumah tangga maupun komersil skala kecil.

    Mengapa anda memerlukan jasa pengeboran sumur dibandingkan dengan filter penyaring air?

    Tidak semua kandungan air di dalam tanah memiliki kualitas yang baik (tidak berbau, tidak berwarna, tidak berminyak). Rata-rata air tanah yang berkualitas umumnya ditemukan pada kedalaman 50 meter, akan tetapi tidak terlepas dari dimana lokasi sumur berada. Biasanya kualitas air yang tidak baik ada di daerah yang dekat sungai, rawa, danau dan laut. Contohnya perumahan-perumahan mewah yang lokasinya pada awalnya adalah rawa yang kemudian diratakan sehingga apabila anda melakukan pengeboran di daerah tersebut maka air yang didapatkan kualitasnya tidak bagus.

    1. Biaya perawatan filter penyaring air dalam jangka panjang lebih mahal
    Pada saat mengalami masalah seperti ini, banyak orang mengambil jalan pintas dengan menggunakan filter penyaring air, padahal cara seperti ini tidak benar-benar menyelesaikan masalah. Karena semakin besar kadar besi atau cemaran dari air tanah yang disedot, akan semakin cepat pula filter tersebut mengalami clogging (mampet) sehingga mempercepat penggantian media filter yang akan memakan biaya kontinyu selama filter tersebut terus dipakai. Belum lagi masalah di inlet sumur, pompa yang digunakan untuk menyedot air dari sumur otomatis juga akan cepat karatan dan rusak.

    2. Perawatan filter penyarin air memakan waktu
    Proses perawatan filter penyaring air tentu saja memerlukan waktu juga, jika anda lupa atau telat melakukan perawatan filter penyaring air ini maka anda akan terkena resiko rusaknya filter atau air yang disedot tidak tersaring dengan baik dan masih tercemar. Bayangkan jika anda mengalami hal ini pada saat sangat membutuhkan air, tentu akan sangat tidak nyaman. Hindari hal-hal ini dengan melakukan pengeboran sumur dalam.

    3. Sumur bor dalam lebih memiliki debit air yang terjamin
    Pada saat musim kemarau, sumur dangkal dapat saja kering. Jika anda memiliki sumur dangkal dengan sistem filter penyaring air, debit air dari sumur bor anda juga beresiko kering sehingga anda akan kesulitan air. Dengan jasa pengeboran sumur dalam yang kami tawarkan anda bukan hanya dapat mengatasi masalah kualitas air saja, anda juga akan mendapatkan debit air yang lebih terjamin.

    Anda dapat menikmati air sumur yang berkualitas dengan debit air yang sesuai dengan kebutuhan anda, jangan tunggu sampai kesulitan air!

    BalasHapus
  5. CV. INDONESIA DRILLING
    Water Supplay Engineering Contractor
    Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kel. Jatirangga Kec. Jatisampurna Bekasi 17434 0856-9121-2424, 0813-1124-4499, BBM: 570F7F23


    DRILLING DIVISION :
    Pembuatan Sumur Bor Dalam (Deep Well), Pembuatan Sumur Dangkal (Shallow Well), Pembuatan Sumur Pantau (Monitoring Well), Dewatering System, Bore Pile, Bore Coring (Horizontal and Vertical), Automatic Water Level Record, Mechanical & Electrical, WTP, STP, RO
    GEOLOGICAL SERVICE DIVISION :

    Pengeboran Sumur
    Sumur Bor Air yang kami lakukan adalah dengan menggunakan alat bor sumur khusus yang lebih mudah dan cepat untuk melakukan penggalian air sumur dan memperoleh air Bersih.
    Jasa Pembuatan Sumurbor Semi Jetpump 0 m s/d 15m
    Diameter jambang maksimum 4 Inch dan Pompa Yang digunakan dapat menggunakan jenis pompa tipe Semi Jetpump.
    Jasa Pembuatan Sumurbor Jetpump 0 m s/d 30m
    Diameter jambang maksimum 4 Inch dan Pompa Yang digunakan dapat menggunakan jenis pompa tipe Jetpump.
    Jasa Pembuatan Sumurbor Semi Artesis / Deep Well 0 m s/d 60m
    Diameter jambang pipa dari 4 inch sampai dengan maksimum 6 Inch dan Pompa Yang digunakan dapat menggunakan jenis pompa tipe Summersible.
    Jasa Pembuatan Sumur Artesis / Deep Well 60 m s/d 200 m
    Diameter jambang pipa maksimum 6” dan dapat menggunakan Pompa Submersible 2-5 HP atau 1 Kw- 7.5 Kw disesuaikan dengan kedalaman sumur dan sumber air di dalam sumur. Untuk pengeboran yang sudah mencapai 60 meter sampai dengan 200 meter disarankan untuk melakukan penyelidikan air ( jasa geolistrik ) dan melakukan perizinan terlebih dahulu ke dinas terkait.




    More Info / Info Selengkapnya Hubungi :

    Joko Murdiyanto . S.T

    Indosat : 0856 – 9121 - 2424
    Simpati : 0813 - 1124 - 4499
    TLP & Whatsapp

    570F7F23

    BalasHapus
  6. keren, boleh dicoba bagi yang butuh jasanya di bandung ya DI SINI

    Terimakasih & Salam kenal

    BalasHapus

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM