Selasa, 10 Mei 2016

SUMUR BOR DALAM / Artetis / Deep Well Mengatasi Air Kuning / Zat Besi Yang Tinggi

BY Jasa Bor Sumur IN No comments


CV. INDONESIA DRILLING
www.jasageologi.com
Water Supplay Engineering Contractor
Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kel. Jatirangga Kec. Jatisampurna Bekasi 17434 0856-9121-2424, 0813-1124-4499, BBM: 570F7F23


DRILLING DIVISION :
 Pembuatan Sumur Bor Dalam (Deep Well), Pembuatan Sumur Dangkal (Shallow Well), Pembuatan Sumur Pantau (Monitoring Well), Dewatering System, Bore Pile, Bore Coring (Horizontal and Vertical), Automatic Water Level Record, Mechanical & Electrical, WTP, STP, RO
GEOLOGICAL SERVICE DIVISION :

 Pemeliharaan Sumur (By Air Compressor), Cabut/Pasang Submersible Pump, Geolectrial Survey, Logging Test, Pumping Test (Pompa Uji), Deep Well Inspection (Bore Hole Camera), Pengurusan Ijin Deep Well, Sumersible Pump (Sales/Service), Geological Consult


     Sumur Bor Dalam (DEEP WELL DRILLING)  adalah sumur dengan kedalaman lebih dari 60 meter sampai dengan akhir titik air sebelum bertemu dengan gas bumi dan minyak bumi dimana biasanya kebutuhan air yang dihasilkan diperuntuhkan untuk skala komersil maupun industri.
Sumur dalam mengambil sumber air tertekan dari lapisan aquifer atau zona jenuh dibawah tanah. Kedalaman pengeboran sumur dalam dapat berbeda untuk tiap-tiap lokasinya tergantung pada kondisi hidrogeologi (Hidrogeologi mencakup penggunaan teknik-teknik pemetaan dan pengamatan lapangan. Pengumpulan data dengan pengamatan disebut “Conventional method. Kegunaan data Hidrogeologi adalah mempercepat mendapatkan informasi tentang suatu daerah yang luas.) dan geologis daerah sekitar dan izin oleh pemerintah lokal.
   Akuifer Artesis adalah sebuah akuifer terbatas berisi air tanah yang akan mengalir ke atas melalui sebuah sumur yang disebut sumur artesis tanpa perlu dipompa. Air dapat mencapai permukaan tanah apabila tekanan alaminya cukup tinggi, dalam hal ini sumur itu disebut sumur artesis mengalir.
Berkas:Artesian Well.png

   Sebuah akuifer adalah satu tingkatan batu halus, seperti batu kapur atau batu pasir yang menyerap air dari sebuah aliran air. Batu berpori-pori terletak di antara batu kedap air atau tanah liat. Ini mengakibatkan tekanan tinggi, sehingga ketika air menemukan jalur keluar, air tersebut melawan gravitasi dan mengalir ke atas daripada ke bawah. Pengisian akuifer terjadi ketika permukaan air di daerah pengisiannya berada pada ketinggian yang lebih tinggi daripada kepala sumur.

     Akuifer air fosil juga bisa dianggap artesis bila mengalami tekanan yang cukup dari batu-batu sekitarnya. Hal ini sama dengan banyaknya sumur minyak yang diberi tekanan.
Kami menerima pekerjaan pengeboran sumur bor untuk skala rumah tangga dengan kedalaman lebih dari 50m dan pembuatan sumur bor untuk kebutuhan industri dan rumah tangga dengan kedalaman sumur diatas 100m. Memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan Filter Air untuk memproses air baku yang tidak memenuhi syarat air bersih menjadi air bersih. Penggunaan Filter air memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup merepotkan serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi.
Dengan menggunakan SUMUR BOR DALAM (DEEP WELL DRILLING) masalah tersebut bisa diatasi karena kecenderungan kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang jelek / tidak memenuhi syarat air bersih tersebut biasanya berkisar di kedalaman 12 m s/d 40 meter.
Khusus untuk dilokasi yang memiliki kadar Garam yang tinggi, semisal di daerah pesisir pantai , kedalaman pengeboran bisa mencapai diatas 100 meter untuk memperoleh air bersih. hanya saja kualitas dari air di kedalam ini memiliki kontur warna tersendiri dan juga suhu diatas suhu air biasa .
Akan tetapi kualitas air ini layak untuk digunakan sebagai air bersih untuk mandi, cuci dan kegiatan komersial lainnya.

SUMUR BOR DALAM / ARTESIS MENGATASI AIR KUNING, BAU / ZAT BESI YANG TINGGI
Di sebagian besar wilayah Indonesia, banyak dikeluhkan kondisi air yang kuning, Bau besi atau bau karat serta mengandung Zat besi ( Fe ) yang diambang batas yang diperbolehkan oleh PDAM/PAM.
Hal ini dikeluhkan karena sifatnya yang merusak jika digunakan, Kondisi ini banyak merugikan pengguna air, Biasanya dengan melakukan pengeboran yang dalam Kondisi air ini dapat diatasi,
hanya saja di beberapa daerah kondisi pengeboran yang dikarenakan lokasi di kedalaman tertentu memiliki kontur tanah berbatu sehingga untuk beberapa perusahaan pengeboran local (Tukang Pantek sumur) tidak dapat diatasi karena keterbatasan alat-alat pengeboran.

SUMUR BOR DALAM / ARTESIS UNTUK MENGATASI AIR ASIN / BERGARAM
Di beberapa daerah di pesisir pantai kebutuhan air tanah atau air tawar juga sangat tinggi , dikarenakan air tanah yang tawar ini merupakan kebutuhan vital bagi sumber kehidupan penduduk di sekitarnya.
Hanya saja kegiatan explorasi untuk memperoleh air tawar dan bersih di lokasi pesisir pantai dirasa cukup sulit hal ini dikarenakan pengeboran yang relative sangat dalam bahkan bisa mencapai 200 meter lebih.
Dengan pembuatan sumur bor air dalam/artesis kesulitan untuk memperoleh air bersih ini dapat dilakukan dengan baik, dan banyak hotel, resort yang dipinggir pantai memanfaatkan sumber air ini untuk aktifitas komersial mereka.

PENENTUAN TITIK PENGEBORAN
     Menggunakan Geolistrik Salah satu tekhnik untuk menentukan titik pengeboran dengan lokasi yang memiliki cekung air/sumber air yang banyak (AKUIFER) adalah dengan metoda GEOLISTRIK.
Metoda ini memerlukan lahan untuk dilakukan survey yang cukup luas untuk mencari cekungan air (AKUIFER) di dalam tanah.

    Menggunakan tekhnik RESISTIVITY maka dapat ditentukan tahanan yang disesuaikan dengan kontur tanah/jenis batuan yang merupakan sumber air.
Sehingga dapat ditentukan kedalaman yang ideal untuk mencapai air yang cukup banyak dan kualiatas yang baik . Dikarenakan Peralatan GEOLISTRIK ini cukup mahal, maka setiap pengeboran melakukan survey terlebih dahulu. Kegiatan survey GEOLISTRIK ini bisa memperoleh informasi keadaan tanah hingga 200 meter.

Dengan menggunakan Geo Electromagnetic Satellite Scan 
Penentuan titik pengeboran dengan metoda GEO ELECTROMAGNETIC SATELLITE SCAN (BELAH BUMI) lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan peralatan Geolistrik.
Karena Geo Electromagnetic Satellite Scan mampu melacak :
  • Lebar Sungai Bawah Tanah
  • Arah Aliran Sungai Bawah Tanah
  • Membaca hingga kedalaman 400 mtr dibawah tanah
  • Mengetahui Struktur Tanah secara detail
  • Mengetahui frekwensi Aliran Air tanah
  • Mengetahui kedalaman Jalur Sungai Bawah Tanah
  • Mengetahui Conductivity Struktur Tanah
  • Akurasi ketepatan geolistrik hanya 50% sedangkan Geo Electromagnetic Satellite Scan 90%
  • Seringkali Clay basah dibaca air oleh peralatan Geolistrik
  • Geo Electromagnetic Satellite Scan hanya membaca air yang mengalir di dalam tanah sehingga untuk pengeboran jaran sekali mengalami air kering setelah proses pengeboran selesai.

Berikut adalah contoh hasil Scan Geo Electromagnetic Satellite Scan :



Sistem Proteksi Pompa
     Agar pompa dapat beroperasi dengan baik, terdapat prosedur proteksi standar yang diterapkan pada pompa sentrifugal.
Beberapa standar minimum paling tidak terdiri dari:

1. Proteksi terhadap aliran balik.
   Aliran keluaran pompa dilengkapi dengan check valve yang membuat aliran hanya bisa berjalan satu    arah,searah dengan arah aliran keluaran pompa.
2. Proteksi terhadap overload.
   Beberapa alat seperti pressure switch low, flow switch high, dan overload relay pada motor pompa      dipasang pada sistem pompa untuk menghindari overload.
3. Proteksi terhadap vibrasi.
    Vibrasi yang berlebihan akan menggangu kinerja dan berkemungkinan merusak pompa.
   Beberapa alat yang ditambahkan untuk menghindari vibrasi berlebihan ialah vibration switch dan        vibration monitor.
4. Proteksi terhadap minimum flow.
   Peralatan seperti pressure switch high (PSH), flow switch low (FSL), dan return line yang di              lengkapi dengan control valve dipasang pada sistem pompa untuk melindungi pompa dari kerusakan
   akibat tidak terpenuhinya minimum flow.
5. Proteksi terhadap low NPSH available.
    Apabila pompa tidak memiliki NPSHa yang cukup, aliran keluaran pompa tidak akan mengalir dan       fluida terakumulasi dalam pompa. Beberapa peralatan safety yang ditambahkan pada sistem pompa     ialah level switch low (LSL) dan pressure switch low (PSL).

Beberapa istilah khusus yang sering berkaitan dengan pompa, ialah:

  • TDH = Total Dynamic Head, yaitu besarnya head pompa. Merupakan selisih antara head discharge dengan head suction; terkadang disebut head atau total head.
  • BEP = Best Efficiency Point, yaitu kondisi operasi dimana pompa bekerja paling optimum.
  • NPSHr = Net Positive Suction Head required, yaitu nilai head absolut dari inlet pompa yang dibutuhkan agar tidak terjadi kavitasi.
  • NPSHa = Net Positive Suction Head available, yaitu nilai head absolut y ang tersedia pada inlet pompa.
  • Kavitasi, yaitu kondisi dimana terjadinya bubble (gelembung udara) di dalam pompa akibat kurangnya NPSHa (terjadi vaporisasi) dan pecah pada saat bersentuhan dengan impeller atau casing. Agar tidak terjadi kavitasi, maka NPSHa harus lebih besar dari NPSHr.
  • Minimum flow, yaitu flow rate yang terkecil yang dibutuhkan agar pompa beroperasi dengan baik. Apabila laju alir lebih rendah dari minimum flow, pompa dapat mengalami kerusakan.
  • Efficiency, yaitu besarnya perbandingan antara energi yang dipakai (input) dengan energi output pompa.
  • BHP = brake horsepower, yaitu power (daya) yang dibutuhkan oleh pompa untuk bisa bekerja sesuai dengan kurvanya; memiliki satuan hp.
Hubungi Kami Sekarang Juga!

Dapatkan Discount dan Tawaran Menarik Lainnya !
"Harga yang tawarkan tentunya akan di sesuaikan dengan hasil survey dan analisa teknisi kami di lokasi"
Info Sumur Bor Air Indonesia
Joko Murdiyanto, S.T
Telphone :

085691212424 
(Whatsapp/TLP/SMS)
081311244499

BBM :
570F7F23
Percayakan Problem Air Anda Kepada Kami
Cepat, Bergaransi & Profesional
Terima Kasih


Tag : Jasa Sumur Bor , Jasa Bor Sumur , Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air , Jasa Geoteknik, Jasa Bor Sumur Artesis, Jasa Perizininan SIPA, Jasa Service Pompa air , Jasa Service Sumur , Kerjasama Cluster / Perumahan untuk Bor sumur, Jasa Sumur Bor Submersible, Jasa Gali sumur submersible , Jasa Gali sumur Bekasi , Jasa Bor sumur Bandung, Jasa Bor sumur Jogjakarta, Jasa Bor sumur kalimantan, Jasa bor sumur Aceh , Jasa bor sumur riau, Jasa Sumur bor Puwarkarta, Jasa Bor sumur indonesia, Jasa Bor Sumur Jatisampurna , Bor Sumur Cibubur, Bor Sumur Kota Wisata, Bor Sumur Legenda, Jasa Bor Sumur Jakarta Timur, Jasa Bor Sumur Jakarta barat, Jasa Bor Sumur Banten , Jasa Bor Sumur Jakarta Pusat, Jasa Bor Sumur Pekanbaru,  Jasa Bor Sumur Jonggol, Jasa Bor Sumur Cileungsi, Jasa Bor Sumur JABODETABEK, Jasa bor sumur Provinsi Luar daerah, Jasa Sumur bor Provinsi , Jasa Sumur Bor Kota , Jasa Sumur Bor hutan, Jasa Sumur bor Perkantoran , Jasa sumur bor Kontrkan, Jasa sumur bor surabaya, Jasa sumur bor pulau jawa, Jasa sumur bor NTT, Jasa sumur Bor Papua , Jasa sumur Bor Makasar, Jasa sumur bor Sumatra, Jasa sumur bor Manado, Jasa sumur bor Kebumen , Jasa sumur bor submersible unruk Kolam renang, Jasa sumur Bor Untuk Vila , Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Provinsi, Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Pulau Jawa, Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Kabupaten , Jasa Sumur Bor Berpengalaman , Jasa Sumur Bor kosan , Jasa sumur Bor modern , Jasa sumur Bor murah bergaransi.

Jasa Sumur Bor Murah Ciracas jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air 
Jasa Sumur Bor Murah cipayung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cakung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Pinang Ranti jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Pekayon jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cibubur jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Lubang Buaya jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cakung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Makasar jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Ceger jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Halim Perdanakusuma jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cijantung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Munjul jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Kalisari jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Rambutan jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Pondok Ranggonjasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cilangkap jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Setu jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Bambu Apus jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cililitan jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
Jasa Sumur Bor Murah Cileungsi jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Harvest City dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Kota Wisata dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Legenda Wisata dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Citra Grand dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Cibubur Country dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Ciangsana dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Villa Nusa Indah dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Kemang Pratama dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Perumahan PPA Komsen dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Galaxy City dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Arumdina dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Ganceng dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Mal metropolitan Bekasi dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Angkasa Puri dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Duta Indah dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Chandra dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Jatibening dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Pondok Gede dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Pondok Melati dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Perumahan Kranggan Permai dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Graha Indah dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Wahana Pondok Gede dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Bulog dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah Jatiwaringin dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah JATIASIH dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah JATIRASA dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah JATIMEKAR dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
jasageologi.com Jasa Sumur Bor Murah JATIKRAMAT dan Geolistrik dan Logging Sumur Air dan Logging Sumur Air


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM