Senin, 13 Maret 2017

Jasa Dewatering Seluruh Indonesia

BY Jasa Bor Sumur IN 2 comments

     CV. Indonesia Drilling - Drilling Divison and Geological Service Division mengerjakan beberapa project dewatering dan sudah di percayua oleh berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa dewatering. Dewatering merupakan suatu pekerjaan yang diperlukan untuk mengeringkan lahan galian di bawah muka air tanah dan untuk mengatasi gaya Uplift selama masa konstruksi Basement. Penentuan banyaknya jumlah sumur yang digunakan mengacu dari : Data spesifikasi teknis rencana bangunan, luas galian, dan kedalaman galian, Data penelitian tanah, Pertimbangan kondisi lahan di sekitar proyek, Pengalaman sejenis yang telah dilakukan.


   Pekerjaan dewatering mutlak diperlukan sampai bangunan selesai. Selain itu, pekerjaan dewatering juga sangat diperlukan untuk menanggulangi terjadinya genangan pada konstruksi basement atau pondasi, baik akibat air hujan ataupun rembesan air tanah. Dewatering biasanya dioperasikan selama 24 jam selama pekerjaan basement.
  

Tanah merupakan kumpulan agregat (butiran) mineral alami yang bisa dipisahkan oleh suatu cara mekanik bila agregat tersebut di aduk dalam air. Tanah mempunyai peran yang sangat penting pada suatu pekerjaan konstruksi ,keberhasilan perencanaan dan pelaksanaan suatu bangunan sangat dipengaruhi kemampuan memahami sifat dan jenis tanah dimana konstruksi itu dibangun. Tanah merupakan media utama dalam pembangunan. Fungsi tanah terdiri atas 3 bagian yaitu:

  1. Tempat berdirinya segala jenis bangunan yang akan dibuat seperti bangunan gedung pe-rumahan,bangunan jalan ,jembatan serta pambangunan tower.
  2. Sebagai material pengisi / timbunan.
  3. Sebagai material untuk bahan bangunan seperti untuk membuat batu bata, genteng, keramik yang khusus dibuat dari tanah liat.

Sifat Alamiah Tanah


Tanah merupakan partikel mineral yang tidak mempunyai atau lemah ikatan antar partikelnya, yang terbentuk karena pelapukan dari batuan. Diantaranya partikel-partikel tanah terdapat ruang kosong yang disebut pori-pori (void space) yang berisi air dan udara. Ikatan yang lemah antara partikel-partikel tanah disebabkan oleh pengaruh korbonat atau oksida yang bersenyawa dengan diantara partikel-partikel tersebut atau dapat juga oleh adanya mineral organik.

Proses penghancuran dalam pembentukan tanah dari batuan terjadi secara fisis atau kimiawi. Proses fisis antara lain berupa erosi akibat tiupan angin, pengikisan oleh air dan gletyser, atau perpecahan akibat pembekuan dan pencairan es dalam batuan. Tanah yang terjadi akibat penghancuran tersebut diatas tetap mempunyai komposisi yang am dengan batuan asalnya. Tanah


tipe ini mempunyai ukuran parikel yang hampir sama rata dan dideskripsikan berbentuk utuh (bulky), yaitu bentuknya bersudut ataupun bulat.
Jenis – Jenis Tanah
Menurut jenis susunannya tanah dibagi menjadi.

1.             Tanah batu
Pada tebal ±2,5 m merupakan dasar yang amat baik untuk bangunan.
2.             Tanah cadas

Merupakan hasil pengerasan dari tanah dan kadang – kadang terdapat tanah – tanah lembek pada tebal 2,5 merupakan dasar fondasi yang baik, umumnya jika dibuka tanah padas ini lapuk lain halnya jika terdapat banyak pasir.

3.             Tanah kerikil

Terdiri dari butiran – butiran batuan andesit yang cukup kasar.biasanya kerikil banyak bercampur pasir, selain kerikil sebagai tanah dasar, baik untuk didirikan bangunan.

4.             Tanah pasir

Butir butir pasir mendekati bentuk yang bulat – bulat. Butir - butir yang berbentuk tajam disebut pasir tajam merupakan tanah dasar yang baik untuk bangunan.

5.             Tanah liat

Tanah liat sukar ditembus oleh air karena memiliki susunan butir yang rapat dan butir tersebut sanagt liat, akan tetapi tanah liat tersebut mudah menerima air. Keburukan tanah ini adalah jika musim kemarau menunjukkan retak–retak sampai dibawah muka tanah sehingga kejadian ini mengakibatkan tegangan dukung tanah menjadi berkurang .Sehingga mengakibatkan retak–retak pada bangunan.

6.             Tanah geluh

Tanah ini terdiri dari campuran tanah liat dan pasir. jika butir–butir pasir banyak terkandung lebih banyak daripada tanah liatnya maka susunannya lebih rapat. Jika tanah geluh tidak banyak mengandung air, maka dapat digunakan sebagai dasar bangunan.

7.             Tanah napal

Terdiri dari campuran tanah liat, pasir dan kapur. Tanah ini baik digunakan sebagai dasar bangunan asal mempunyai tebal lapis yang cukup bedanya.

8.             Tanah halus

Terdiri dari butiran–butiran halus dan rata susunannya. Dalam susunan butir banyak terdapat butir–butir kapur. Tanah ini baik digunakan sebagai tanah dasar, asal butir–butirnya tidak mengandung air didalamnya.

9.             Tanah gambut

Tanah gambut banyak terdapat di rawa–rawa. Tanah gambut tidak baik sebagai dasar bangunan, perlu diketahui bahwa urungan rawa dengan lumpur kurang kuat yang lebih kuat adalah urungan dengan pasir kali.

Daya Dukung Tanah

Pengetahuan tentang daya dukung tanah sangat diperlukan bila akan mendirikan suatu bangunan pada lapisan tanah tertentu. Dengan mengetahui kondisi lapisan tanah pada suatu daerah maka kita dapat memperkirakan apakah daerah tersebut dapat didirikan suatu bangunan atau tidak. Selain itu keamanan konstruksi bangunan terhadap penurunan tanah akibat hilangnya daya dukung tanah merupakan hal yang perlu diperhatikan. Setiap lapisan tanah yang mengalami pembebanan akan mengalami penurunan, itu disebabkan oleh pengecilan rongga udara pada butir tanah (angka pori).

Untuk mengetahui kandisi tanah dimana bangunan akan didirikan, harus dilakukan penyelidikan tanah terlebih dahulu. Kondisi tanah dapat dibedakan menjadi:

1.             Kondisi tanah normal

adalah lapisan tanah labil dan tidak mempunyai daya dukung baik terletak dipermukaan setebal ± 50 cm atau lebih, tetapi dalam lapisan tanah keras tidak terlalu jauh dibawah permukaan tanah.
2.             Kondisi tanah khusus adalah

Lapisan tanah labil terletak sampai jauh dibawah permukaan tanah, sehingga lapisan tanah keras terletak sangat dalam, seperti tanah rawa dan tanah bergambut dan lapisan tanah terletak pada permukaan tanah dan tanah sangat sukar digali, misalnya tanah berbatu dan batu karang.

Pemeriksaan tanah

Pemeriksaan dan penyelidikan tanah diperlukan untuk menentukan kekuatan tanah untuk pondasi, Pemeriksaan tanah meliputi :

1.             Pemeriksaan jenis tanah

Contohnya suatu tanah galian dikeluarkan dari dalam sumur ,maka pada tebing sumur dapat dilihat jenis dan tebal lapisannya. Dari penggalian beberapa sumur pada tempat – tempat pada umumnya dekat pada sebelah luar sudut bangunan dapat diketahui jenis – jenis tanah dan tebalnya lapisannya ,juga lereng lapisan-lapisan tanah. Alat yang digunakan untuk mengetahui jenis–jenis tanah tersebut adalah dengan baja sondir, dan dengan cara pemboran.

2.             Pemeriksaan tegangan dukung tanah

Dengan alat tegangan dukung tanah dapat langsung diketahui, biasanya alat yang digunakan disebut Sondir – Barentsen. Besar daya dukung tanah yang diperiksa dapat dibaca pada manometer Bondir Barentsen dapat digunakan pada tanah yang mempunyia tegangan dukung sebesar 10 kg/cm². Berhubung dengan keberatan–keberatan diatas untuk pemeriksaan tanah yang keras, maka digunakan alat lain yang disebut alat sondir dalam. Perbedaan yang terdapat antara kedua ini adalah pada sondir dalam dapat diketahui tahanan ujung kerucut, juga dapat diketahui gesekan yang terdapat antara tanah dengan batangnya. Alat sondir dalam dapat digunakan untuk tegangan dukung sebesar ton/cm² atau 2000 kg / cm².

3.             Pemeriksaan keadaan air tanah

Jika kita menggali suatu lobang pada kedalam tertentu, kita akan menjumpai muka air yang ada dalam tanah. Muka air tersebut dinamkan muka-air tanah, dimana pada air tanah mengandung zat agresif, diantaranya zat asam, yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan bahan yang digunakan. Pemeriksaan tinggi muka air tanah dapat di ketahui pada waktu kita mengadakan pemeriksaan tanah dengan cara pemboran, karena dalam pemboran selain diketahui jenis tanah, tebal lapisan tanah, juga tinggi muka tanah air tanah dapat diketahui.

2.1.6. Penyelidikan Tanah

Tanah selalu mempunyai peranan penting pada suatu lokasi pekerjaan konstruksi. Tanah merupakan pondasi pendukung suatu bangunan atau bahan konstruksi dari bangunan itu sendiri seperti tanggul atau bendungan, atau terkadang menjadi sumber penyebab gaya luar pada bangunan seperti tembok/dinding penahan tanah.

Mengingat hampir semua bangunan dibuat diatas tanah , maka harus dibuat suatu pondasi yang dapat memikul beban bangunan itu. Umpamanya jika permukaan tanah cukup keras dan mampu untuk memikul beban bangunan maka pondasi dapat dibangun secara langsung diatas permukaan tanah tersebut. Bila dikhawatirkan akibat tanah itu akan rusak atau turun akibat gaya yang bekerja melalui permukaan tanah tersebut maka terkadang diperlukan suatu konstruksi seperti pondasi untuk meneruskan gaya tersebut kelapisan tanah yang mampu memikul gaya sepenuhnya. Untuk mengadakan perkiraan dan penilaian teknis tentang daya dukung tanah pondasi maka diperlukan pengertian mengenai karakteristik mekanis dari tanah.

Penyelidikan tanah tujuannya adalah :
1.             Menentukan kapasitas dukung tanah menurut tipe pondasi yang dipilih
2.             Menentukan tepi dan kedalaman pondasi
3.             Untuk mengetahui posisi muka air tanah
4.             Mengetahui jenis tanah pada setiap lapisan
5.             Untuk memprediksi besarnya penurunan
6.             Menentukan besarnya tekanan tanah terhadap dinding penahan tanah atau abutmen.



Dewatering
Pelaksanaan Dewatering

Negara kita dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dalam hal ini adalah sumber daya air, dengan ditunjang dengan kondisi topografi yang relative signifikan Pengembangan sumber daya air didefinisikan sebagai aplikasi cara struktural dan non-struktural untuk mengendalikan, mengolah sumber daya air agar memberikan manfaat bagi mahluk hidup dan manfaat untuk tujuan-tujuan lingkungan.

System / metode pembebasan area konstruksi bendung dari gangguan aliran air atau yang biasa disebut sistem dewatering. Memperoleh sistem dewatering yang terbaik dengan suatu konstruksi yang memenuhi unsur-unsur ketepatan, keamanan, effisiensi, dan ekonomis.

Pekerjaan dewatering sangat diperlukan untuk pekerjaan galian pada basement berupa lahan galian di bawah muka air tanah untuk mengatasi gaya angkat (up lift) selama proses konstruksi dengan metode open cut. Pekerjaan dewatering ini bersifat sementara sampai tercapai keseimbangan ( up lift force ) dengan beban konstruksi di atas nya atau kurang lebih 6 bulan.




 

Gambar 2.1 Metode open cut Dewatering

2.2.2. Lingkup pekerjaan dewatering
Lingkup pekerjaan dewatering ini meliputi :

1.             Penyedia peralatan dewatering

·     Pembuatan sumur didalam area galian sebanyak 15 buah.

·     Pompa-pompa Submersible sebanyak 15 (Lima Belas) unit termasuk kelengkapannya dengan diameter sumur adalah 80 inchi.

·     Sistem switch otomatic untuk pemompaan.
·     Pipa selang plastic pembuangan air kesaluran terdekat

2.             Pemasangan sistem dewatering meliputi sumur-sumur pompa (pumping well) 10 unit di dalam area galian.

3.             Pengoperasian sistem dewatering selama masa konstruksi hingga tekanan angkat seimbang dengan berat konstruksi

4.             Penutupan bekas lubang sumur dilakukan dengan flens dan cleanst atau sesuai petunjuk pengawas.

 Tujuan Pelaksanaan pekerjaan dewatering
·                Menjaga agar dasar galian tetap kering.

·                Mencegah gaya up lift terhadap bangunan sebelum mencapai bobot tertentu.
·                Mencegah erosi buluh.

·                Mencegah resiko sand boil.

Dasar Pekerjaan Dewatering
·                Data spesifikasi (data luas dan kedalaman galian)
·                Data penelitian tanah
·                Pertimbangan kondisi lahan di area proyek

Metode Pelaksanaan
Ada 3 metode dewatering yang dapat dipilih , yaitu :

·                Open plumbing
·                Predrainage
·                Cut Off
Metode dewatering yang dipilih tergantung beberapa faktor, antara lain :

·                Debit rembesan air
·                Jenis tanah
·                Sifat tanah
·                Air tanah
·                Rencana pekerjaan

Dari ketiga metode yang ada pada proyek kali ini menggunakan metode predainage yang selanjutnya dilakukan pekerjaan:

1.             Penentuan Denah titik dewatering
Penentuan titik dewatering dilakukan oleh tim surveyor, berjumlah 15    unit.
2.             Pembuatan instalasi Dewatering

Pembuatan instalasi ini dilakukan agar melokalisir air agar tidak tergenang yang mengakibatkan terganggunya proses pekerjaan. (pengeringan lapangan kerja dari air permukaan )

3.             Sistem Pembuangan

Sistem pembuangan ini sebagai saluran pembuangan sebagai tampungan yang selanjutnya akan dibuang ke saluran kota.

4.             Pembuatan Recharging

Recharging digunakan untuk mengisi muka air tanah di luar lokasi proyek yang diakibatkan oleh pemompaan sumur dewatering. Pada proyek ini dipasang 4 buah sumur recharging.

5.             Pembuatan Piezometer

Piezometer digunakan untuk memantau penurunan muka air tanah pada lokasi dewatering dan sekitarnya. Pada proyek ini dipasang 6 piezometer.

6.             Monitoring

Monitoring dilakukan dengan mengadakan pengukuran muka air tanah setiap hari dan mengikuti pekerjaan galian untuk memindahkan jalur listrik dan jalur plambing agar tidak berhenti oleh gangguan air tanah selama proses konstruksi.

7.             Penutupan Sumur dewatering

Penutupan sumur dewatering ini dilakukan dengan Metode Penutupan sumur dengan flange-figot.

. Keuntungan dan Kerugian Dewatering
1.             Keuntungan :

·      Muka air tanah turun
·      Longsor kurang

2.             Kerugian :

·      Mata air sekeliling turun

2.2.7.Metode Teknis
1.             Metode predrainage

Prinsip metode predrainage adalah menurunkan muka air terlebih dahulu sebelum pekerjaan galian dimulai. Metode predrainage dipilih, bila :

·      Karakteristik dari tanah merupakan tanah lepas, berbutir seragam, cadas lunak dengan banyak celah.

·      Debit rembesan cukup besar dan tersedia saluran pembuangan air.
·      Tanah sensitif terhadap erosi atau mudah terjadi rotary slide.
·      Tidak mempunyai efek mengganggu bangunan disekitarnya.

Ada 2 sistem predrainage, yaitu :
1.             1.Single Stage Predrainage
2.             2.Multi Stage Predrainage

Ada dua metode dewatering predrainage yaitu :

1.             pompa dalam
2.             Well Points (Submersible Pump)

1.             Well Points

·      Metode Well Points atau metode pemompaan dengan menggunakan teknik vacum dil-akukan dengan cara menempatkan collecting points yang terhubung dengan pompa dalam suatu sumuran.

·      Collecting points umumnya ditempatkan setiap interval tertentu antara 0.8 2 m. Collect-ing points biasanya memiliki panjang 100 cm dengan diameter 5-7 cm. Pipa ini memiliki lubang-lubang disekelilingnya untuk menyedot air tanah .

·      Kepala pompa vacum dihubungkan pada pipa pengumpul, selanjutnya air ditarik keluar dengan menggunakan pompa vacum.

2.             Pompa Dalam (Submersible Pump)

Metode Deep Well adalah suatu metode pengeringan dengan menggunakan gaya gravitasi. Metode Deep Well umumnya dilakukan dengan menggunakan bantuan pompa submersible (jenis pompa yang dapat diletakkan di dalam air). Diameter sumur bor disesuaikan dengan tipe pompa
yang akan digunakan (biasanya sangat tergantung pada besaran debit yang diperlukan antara 6 – 8 inci). Kemudian dari dalam sumur bor tersebut air tanah dipompa keluar .Sebagai dampaknya muka air tanah disekitar galian akan mengalir masuk kedalam lubang pompa secara gravitasi, sehingga menyebabkan penurunan muka air tanah disekitar areal pompa.


Selanjutnya kedalam sumuran tersebut dipasang suatu selubung untuk mengurangi resiko keruntuhan dinding sumuran. Selubung ini dapat menggunakan material seperti PVC. Diameter selubung harus lebih kecil dibandingkan dengan sumuran. Antara selubung dan dinding sumuran kemudian diisi dengan material granular (pasir). Pelindung/selubung mengijinkan air tanah untuk masuk kedalam sumuran dan menghalau sedimen yang masuk kedalam sumuran.



Setelah penyaring ditempatkan, sumuran terlebih dahulu harus disiram untuk membersihkan lumpur tanah yang terjadi selama proses pemboran, dan juga untuk menghindari pengerasan lumpur di saringan yang dapat mengurangi efisiensi dari sumuran.



"Ayo segera hubungi kami untuk masalah pengeringan lahan galian di bawah galian muka air tanah"
Contact Person / Hubungi Kami :
         
Bila anda masih memiliki pertanyaan dengan jasa maupun layanan kami, anda dapat menghubungi kami di :
AHLI PENGEBORAN SUMUR CV. INDONESIA DRILLING

Joko Murdiyanto . S.T
 0856–9121-2424 / 0813-1124-4499 

( TLP/SMS/Whatsapp)



EMAIL 
 jasageolistrik@gmail.com
indonesiadrilling@gmail.com

ALAMAT KANTOR :
Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17434 (Pinggir Jalan Raya, Samping Gang SDN Jatirangga 2, Komp POLRI Jatirangga )

2 komentar:

  1. CV. INDONESIA DRILLING
    Water Supplay Engineering Contractor
    0856-9121-2424,
    0813-1124-4499,

    DRILLING DIVISION :
    Pembuatan Sumur Bor Dalam (Deep Well), Pembuatan Sumur Dangkal (Shallow Well), Pembuatan Sumur Pantau (Monitoring Well), Dewatering System, Bore Pile, Bore Coring (Horizontal and Vertical), Automatic Water Level Record, Mechanical & Electrical, WTP, STP, RO
    GEOLOGICAL SERVICE DIVISION :
    Pemeliharaan Sumur (By Air Compressor), Cabut/Pasang Submersible Pump, Geolectrial Survey, Logging Test, Pumping Test (Pompa Uji), Deep Well Inspection (Bore Hole Camera), Pengurusan Ijin Deep Well, Sumersible Pump (Sales/Service), Geological Consult
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah (Sumur Dalam dan Sumur Dangkal)
    Jasa Perizinan Sumur Provinsi Jawa Barat:

    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bandung
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bandung Barat
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bekasi
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bogor
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Ciamis
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Cianjur
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Cirebon
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Garut
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Indramayu
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Karawang
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Kuningan
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Majalengka
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Purwakarta
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Subang
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Sukabumi
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Sumedang
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Tasikmalaya
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bandung
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Banjar
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bekasi
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Bogor
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Cimahi
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Cirebon
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Depok
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Sukabumi
    Jasa Perizinan Sumur Air Tanah Tasikmalaya

    BalasHapus
  2. Tag : Jasa Sumur Bor , Jasa Bor Sumur , Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air , Jasa Geoteknik, Jasa Bor Sumur Artesis, Jasa Perizininan SIPA, Jasa Service Pompa air , Jasa Service Sumur , Kerjasama Cluster / Perumahan untuk Bor sumur, Jasa Sumur Bor Submersible, Jasa Gali sumur submersible , Jasa Gali sumur Bekasi , Jasa Bor sumur Bandung, Jasa Bor sumur Jogjakarta, Jasa Bor sumur kalimantan, Jasa bor sumur Aceh , Jasa bor sumur riau, Jasa Sumur bor Puwarkarta, Jasa Bor sumur indonesia, Jasa Bor Sumur Jatisampurna , Bor Sumur Cibubur, Bor Sumur Kota Wisata, Bor Sumur Legenda, Jasa Bor Sumur Jakarta Timur, Jasa Bor Sumur Jakarta barat, Jasa Bor Sumur Banten , Jasa Bor Sumur Jakarta Pusat, Jasa Bor Sumur Pekanbaru, Jasa Bor Sumur Jonggol, Jasa Bor Sumur Cileungsi, Jasa Bor Sumur JABODETABEK, Jasa bor sumur Provinsi Luar daerah, Jasa Sumur bor Provinsi , Jasa Sumur Bor Kota , Jasa Sumur Bor hutan, Jasa Sumur bor Perkantoran , Jasa sumur bor Kontrkan, Jasa sumur bor surabaya, Jasa sumur bor pulau jawa, Jasa sumur bor NTT, Jasa sumur Bor Papua , Jasa sumur Bor Makasar, Jasa sumur bor Sumatra, Jasa sumur bor Manado, Jasa sumur bor Kebumen , Jasa sumur bor submersible unruk Kolam renang, Jasa sumur Bor Untuk Vila , Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Provinsi, Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Pulau Jawa, Jasa Geolistrik dan Logging Sumur Air Kabupaten , Jasa Sumur Bor Berpengalaman , Jasa Sumur Bor kosan , Jasa sumur Bor modern , Jasa sumur Bor murah bergaransi.

    Jasa Sumur Bor Murah Ciracas jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
    Jasa Sumur Bor Murah cipayung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
    Jasa Sumur Bor Murah Cakung jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
    Jasa Sumur Bor Murah Pinang Ranti jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air
    Jasa Sumur Bor Murah Pekayon jasageologi.com dan Geolistrik dan Logging Sumur Air

    BalasHapus

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM