Kamis, 25 Februari 2016

JASA SURVEI GEOLISTRIK & PENGEBORAN SUMUR DI KALIMANTAN

BY Jasa Bor Sumur IN , , No comments




Sumur Bor Kalimantan | Jasa Pembuatan Sumur bor kalimantan |Jasa Logging| Deep Well Drilling
Pengeboran Sumur, Pemasangan Pipa Casing, Instalasi Jet Pump,
Instalasi Submersible Pump
Peta Daerah Pulau Kalimantan


Jasa Geologi  & Bor Sumur, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Air Bersih Anda !

 "Dapatkan Harga Super Dupper Special untuk Pekerjaan Massal lebih dari 20 titik & Pengalaman Yang Mumpuni !"

Kebutuhan manusia akan air merupakan sesuatu yang inherent (melekat) dalam segenap perikehidupan manusia. Pemenuhan kebutuhan ini sebagian dapat diperoleh dari sumber – sumber daya air permukaan seperti air hujan, sungai, danau, waduk dan lain-lain. Namun, perkembangan populasi umat manusia yang begitu pesat ‘memaksa’ kita untuk memikirkan sumber- sumber air alternatif untuk mengatasi keterbatasan ketersediaan sumber-sumber air permukaan tadi.
Salah satu solusi yang dapat dikedepankan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan memanfaatkan potensi air yang berada di bawah permukaan tanah. Pemanfaatan sumber air bawah tanah dapat dilakukan melalui pembuatan sumur bor dan dari sumur bor ini diharapkan dapat memenuhi fungsinya sebagai penyedia air bagi keperluan umat manusia. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perencanaan pengembangan sumur bor sangat perlu ditunjang dengan penyelidikan pendugaan geolistrik.

    Kami melayani kebutuhan pengeboran untuk perumahan, perkantoran, pergudangan, pabrik, hotel, apartemen, ruko, rukan, mall, areal pertambangan dan lokasi lainnya.

Jasa dan Solusi yang kami sediakan untuk anda adalah :
  • Jasa Pembuatan Sumurbor, Paket Pengeboran All in One
  • Jasa Instalasi Jetpump, Jasa Instalasi Submersible Pump
  • Solusi Air Bersih, Solusi Air Berpasir, Solusi Air Kuning
  • Solusi Air Bau, Air Asin, Solusi Air Kering saat Kemarau
  • Menentukan Titik Sumurbor, Jasa Survey Geolistrik
  • Menentukan kedudukan perlapisan batuan  pada sumur bor, Jasa Geophysical Logging
  • Mengetahui Debet Air yang keluar, Pumping test
  • Analisa Laboratorium Air Tanah untuk Air Bersih atau Air Minum
  • Selain untuk mendapatkan air bersih, produk jasa pengeboran yang kami lakukan juga dapatkan digunakan untuk berbagai kebutuhan, antara lain :
  • Pengeboran u/ Sample Tanah (Soil Boring)
  • Pengeboran untuk pondasi
  • Pengeboran untuk pemasangan grounding



Dan masih banyak lagi kegiatan pengeboran untuk kegiatan-kegiatan lainnya, yang kami bisa lakukan untuk anda. Kami siap mengerjakan pengeboran untuk kedalaman 0-150 meter dengan diameter 2-8 inch.

Kami lembaga yang bergerak dibidang jasa survey geofisika menawarkan survey investigasi geologi diberbagai skala peta dan lokasi baik geologi dengan tujuan eksplorasi geologi, pertambangan, pondasi bangunan maupun untuk keperluan lainnya tergantung keinginan client.

kegiatan meliputi Akusisi data , Processing dan Interpretasi data
Berikut list survey yang kami tawarkan:
1. Geolistrik
2. Spontanious Potential (SP)
3. Magnetotelurik (MT)
4. Magnetik
5. Gravity
6. IP
7. AMT
8. CSAMT

Pengalaman Lokasi Survey
A. Daftar Kabupaten yang Ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) :

1. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Berau, Tanjung Redeb
2. 
Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Kutai Barat, Sendawar
3. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong
4. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Kutai Timur,  Sangatta
5. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Mahakam Ulu, Ujoh Bilang)
6. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Paser, Tanah Grogot
7. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kabupaten Penajam Paser Utara, Penajam)
8. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kota Balikpapan
9. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kota Bontang
10. Jasa Survei Geolistrik dan Pengeboran Air di Kota Samarinda 


Gambaran Secara Singkat Salah Satu Tempat Di Daerah Kalimantan
Berdasarkan peta Geologi Lembar Sangatta Kalimantan Skala 1:250.000 oleh Sukardi, et al. (1995), di daerah Sangatta dan sekitarnya terdapat kelurusan sesar atau kekar yang berarah relatif barat daya-timurlaut, serta terdapat struktur kubah (“dome”) dengan kemiringan relative memutar, bagian barat laut miring ke arah  barat laut dan Tengara miring ke Tengara.
Gambar Sebagian peta geologi regional  Kalimantan Timur
Secara regional, struktur geologi daerah Kalimantan timur dapat diamati dan diinterpretasi menggunakan SRTM. Interpretasi citra SRTM oleh tim MKE wilayah penelitian terdapat struktur lipatan berupa antiklin dengan sumbu antiklin berarah Baratdaya – Timur Laut dan menunjam kearah Timur laut yang dikontrol oleh sesar normal yang berarah  Barat Laut -Tengara.
Pergeseran sesar yang bersifat regional tersebut bertanggung jawab atas terbentuknya lipatan-lipatan di daerah ini termasuk di Sangatta yang dipengaruhi oleh sesar besar Tangera – Barat laut  yang melewati Sungai Sangatta.
Gambar Interpretasi struktur Geologi menggunakan Citra SRTM. Antiklin Sangatta terlihat menunjam ke timur laut dan menghilang pada sesar besar yang melalui Sungai Sangatta kearah barat Daya.
Hidrogeologi
Hidrogeologi secara umum dapat didefinisikan sebagai studi tentang hubungan antara material geologi dan proses maupun aktivitas air khususnya airtanah (C.W. Fetter, 1994). Dalam hidrogeologi dibahas tentang airtanah dalam hubungannya dengan aspek-aspek geologi seperti perlapisan batuan atau tanah, struktur geologi, litologi batuan, sifat kimia-fisik batuan dan hal lain yang mempengaruhi siklus airtanah tersebut.
Model aliran airtanah itu sendiri akan dimulai pada daerah resapan air tanah atau sering juga disebut sebagai daerah imbuhan airtanah (recharge zone). Daerah ini adalah wilayah dimana air yang berada di permukaan tanah baik air hujan ataupun air permukaan mengalami proses penyusupan (infiltrasi) secara gravitasi melaui lubang pori tanah/batuan atau celah/rekahan pada tanah/batuan.
Proses penyusupan ini akan berakumulasi pada satu titik dimana air tersebut menemui suatu lapisan atau struktur batuan yang bersifat kedap air (impermeabel). Titik akumulasi ini akan membentuk suatu zona jenuh air (saturated zone) yang seringkali disebut sebagai daerah luasan airtanah (discharge zone).
Perbedaan kondisi fisik secara alami akan mengakibatkan air dalam zonasi ini akan bergerak/mengalir baik secara gravitasi, perbedaan tekanan, kontrol struktur batuan dan parameter lainnya. Kondisi inilah yang disebut sebagai aliran air tanah. Daerah aliran airtanah ini selanjutnya disebut sebagai daerah aliran (flow zone).
Dalam perjalanannya aliran air tanah ini seringkali melewati suatu lapisan akifer yang diatasnya memiliki lapisan penutup yang bersifat kedap air (impermeabel) hal ini mengakibatkan perubahan tekanan antara air tanah yang berada dibawah lapisan penutup dan air tanah yang berada diatasnya. Perubahan tekan inilah yang didefinisikan sebagai air tanah tertekan (confined aquifer) dan airtanah bebas (unconfined aquifer). Dalam kehidupan sehari-hari pola pemanfaatan air tanah bebas sering kita lihat dalam penggunaan sumur gali oleh penduduk, sedangkan air tanah tertekan dalam sumur bor yang sebelumnya telah menembus lapisan penutupnya.
Airtanah bebas (water table) memiliki karakter berfluktuasi terhadap iklim sekitar, mudah tercemar dan cenderung memiliki kesamaan karakter kimia dengan air hujan. kemudahannya/air tanah untuk didapatkan membuat kecendrungan disebut sebagai air tanah dangkal (Padahal dangkal atau dalam itu sangat relatif).
Air tanah tertekan/air tanah terhalang inilah yang seringkali disebut sebagai air sumur artesis (artesian well). Pola pergerakannya yang menghasilkan gradient potensial, mengakibatkan adanya istilah artesis positif; kejadian dimana potensial airtanah ini berada diatas permukaan tanah sehingga airtanah akan mengalir vertikal  secara alami menuju kesetimbangan garis potensial khayal ini. Artesis nol; kejadian dimana garis potensial khayal ini sama dengan permukaan tanah sehingga muka air tanah akan sama dengan muka tanah. Terakhir artesis negatif; kejadian dimana garis potensial khayal ini dibawah permukaan tanah sehingga muka air tanah akan berada dibawah permukaan tanah.
Gambar 2.4. Model air tanah secara umum

Untuk mendapatkan air tanah dalam (air tanah tertekan) maka perlu adanya pemboran air tanah, dan untuk mengurangi resiko kegagalan dalam pemboran tersebut diperlukan pendugaan lapisan. Untuk itu yang biasa digunakan adalah dengan metode pendugaan
Dan masih banyak lagi yang sudah kita kerjakan

Siap Melayani Survey Untuk Wilayah Luar Kota
Untuk penawaran dan Detailnya silahkan menghubungi kami
Regards.
Hubungi Kami Sekarang Juga!

Dapatkan Discount dan Tawaran Menarik Lainnya !
"Harga yang tawarkan tentunya akan di sesuaikan dengan hasil survey dan analisa teknisi kami di lokasi"
Info Sumur Bor Air Indonesia
Joko Murdiyanto, S.T
Telphone :

085691212424 
(Whatsapp/TLP/SMS)
081311244499

BBM :
570F7F23
Percayakan Problem Air Anda Kepada Kami
Cepat, Bergaransi & Profesional


Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM