Sabtu, 30 Januari 2016

PENYELIDIKAN PENDUGAAN GEOLISTRIK

BY Jasa Bor Sumur IN No comments

PENYELIDIKAN PENDUGAAN GEOLISTRIK

JOKO MURDIYANTO, S.T



Kebutuhan manusia akan air merupakan sesuatu yang inherent (melekat) dalam segenap perikehidupan manusia. Pemenuhan kebutuhan ini sebagian dapat diperoleh dari sumber – sumber daya air permukaan seperti air hujan, sungai, danau, waduk dan lain-lain. Namun, perkembangan populasi umat manusia yang begitu pesat ‘memaksa’ kita untuk memikirkan sumber- sumber air alternatif untuk mengatasi keterbatasan ketersediaan sumber-sumber air permukaan tadi.
Salah satu solusi yang dapat dikedepankan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan memanfaatkan potensi air yang berada di bawah permukaan tanah. Pemanfaatan sumber air bawah tanah dapat dilakukan melalui pembuatan sumur bor dan dari sumur bor ini diharapkan dapat memenuhi fungsinya sebagai penyedia air bagi keperluan umat manusia. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perencanaan pengembangan sumur bor sangat perlu ditunjang dengan penyelidikan pendugaan geolistrik.

Tujuan Penyelidikan
Penyelidikan pendugaan geolistrik bertujuan untuk mengetahui keberadaan lapisan batuan yang berfungsi sebagai akuifer (lapisan batuan pembawa air), dimana hasil penyelidikan pendugaan geolistrik ini akan memberikan gambaran tentang keadaan lapisan batuan bawah permukaan tanah seperti, ketebalan, kedalaman, serta penyebaran lapisan batuan sehingga nantinya akan membantu perencanaan lokasi dan kedalaman sumur bor.
Peralatan yang Digunakan
Untuk pendugaan geolistrik ini dipergunakan seperangkat peralatan yang terdiri dari :
-         Peralatan geolistrik ABEM DC Terrameter – SAZ 2000
-         Elektroda arus yang terbuat dari logam atau stainless-steel, elektroda potensial porous pot Cu-CuSO4
-         kabel
-         alat komunikasi
-         palu atau martil dan alat penunjang lainnya
 Untuk penjelasan lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami di 

More Info / Info Selengkapnya Hubungi Jasa Bor Sumur :

 Joko Murdiyanto . S.T

Indosat : 0856 – 9121 - 2424 

Simpati : 0813 - 1124 - 4499 

570F7F23
 

ALAMAT OFFICE : 
Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17434 (Pinggir Jalan Raya, Samping Gang SDN Jatirangga 2, Komp POLRI Jatirangga )
Akses terdekat wilayah :
Jati Sampurna, Kranggan, Cibubur, Cileungsi, Pondok Gede, Cilangkap, Komsen, Jati Asih

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM