Senin, 13 Maret 2017

Jasa Bor Sumur Geolistrik, Logging Test Kab Bekasi

BY Jasa Bor Sumur IN , 1 comment

     CV. Indonesia Drilling - Drilling Divison and Geological Service Division (Spesialis Pembuatan Sumur Bor : 0813-1124-4499 )- Air merupakan kebutuhan pokok (vital) dalam kehidupan, untuk itu kita sangat membutuhkan sumber air yang baik dan layak konsumsi, untuk kehidupan kita. Pada umumnya kita sangat perlu sekali selain untuk penunjang kebutuhan kita, kita juga perlu untuk keperluan lainnya, seperti keperluan bisnis, industri dan lain sebagainya.


    Kota Cikarang adalah ibukota dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Kota Cikarang meliputi wilayah kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Barat, Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Cikarang Selatan di Kabupaten Bekasi. Pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi berada di kecamatan Cikarang Pusat.
Tinjauan mengenai keadaan geologi lingkungan merupakan salah satu aspek penunjang dalam perencanaan pengembangan suatu wilayah agar sesuai dengan keadaan dan kondisi geologi dari wilayah tersebut, sehingga tercipta pembangunan yang selaras dan tepat guna. Tinjauan ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor dari segi keadaan geologi daerah pengembangan, sebagai informasi awal dalam perencanaan pengembangan wilayah, sehingga dapat diketahui kondisi alam suatu daerah misalnya mengenai daerah banjir, sumber air, litologi, kandungan mineral dan sebagai tambahan studi-studi yang lebih lanjut akan menspesifikasikan masalah tersebut.
Keadaan geologis di Wilayah Kabupaten Bekasi merupakan bagian dari keadaan geologi regional sekitarnya. Kondisi geomorfologi di Kabupaten Bekasi secara umum sebagian besar diliputi oleh endapan berumur kuarter dan sebagian kecil lainnya berumur tersier. Kondisi geologi dapat dibedakan menjadi geologi permukaan dan bawah permukaan. Geologi permukaan, meliputi satuan batu pasir konglomerat dan batu lanau, satuan konglomerat dan batu pasir tufaan, endapan pantai dan tanggul pantai, endapan dangkal, rawa, dan dataran banjir, endapan sungai tua dan sungai muda.
Adapun geologi bawah permukaan, kedudukan equifier dibedakan menjadi tiga bagian yaitu aquifier dengan kedudukan kurang dari 70m, antara 70–148 m, dan lebih dari 148m.
  1. Fisiografi dan Geomorfologi Regional
    Ditinjau dari kondisi fisiografi, wilayah Provinsi Jawa Barat terbagi ke dalam 5 zona fisiografi, yaitu :
    1. Zona Dataran Pantai Jakarta
    2. Zona Bogor
    3. Zona Bandung
    4. Zona Pegunungan Bayah/Djampang
    5. Zona Pegunungan Selatan

    Berdasarkan pembagian fisiografi tersebut, maka Wilayah Kabupaten Bekasi terletak pada daerah Zona Dataran Pantai Jakarta yang mempunyai lebar ± 40 km dengan morfologi kemiringan medan antara 1-3 %, ketinggian sekitar 1-25 m diatas permukaan laut, memanjang dari Serang dan Rangkasbitung, hingga Cirebon. Disusun sebagian besar oleh endapan alluvial sungai dan aliran lumpur lahar dari aktifitas gunung api di dataran yang lebih tinggi dan setempat terdapat endapan sedimen laut yang terlipatkan. Kemudian untuk proses-proses geomorfologi yang berkembang erosi lateral dan pendangkalan sungai.
  2. Penyebaran, Sifat Fisik Batuan dan Ketebalan Tanah
    Geologi daerah Zona Dataran Pantai Jakarta pada Lembar Peta Geologi Karawang, Jawa, dengan skala 1:100.000, secara regional stratigrafi wilayah perencanaan termasuk ke dalam endapan permukaan, yang pada umumnya terdiri dari batu lempung, batu lanau, batu pasir, kerikil dan kerakal dengan umur berkisar antara Plistosen Dan Holosen.
    Adapun pembagian satuan tanah penyusun daerah penelitian termasuk pada satuan Lempung dan lempung pasiran dengan karakteristik :
    1. Satuan Lempung dan lempung pasiran, endapan limpah banjir dan pantai.
    2. Mempunyai ketebalan 2-15 m berwarna abu-abu kehijauan dan abu-abu kehitaman, lunak hingga kompak (unconfined compresive strength 0,25-1 Kg/cm2), plastisitas rendah hingga tinggi, permeabilitas rendah hingga kedap air (kelulusan 1 x 10-3 - > 1 x 10-7 cm/det), kompresibilitas tinggi, daya dukung yang diijinkan rendah – sedang (< 7,2 – 21.6 ton/m2).
  3. Penyebaran, Sifat Fisik Batuan dan Ketebalan Tanah
    Arah pergerakan relatif menimbulkan tekanan kompresi lateral berarah Utara-Selatan. Arah tekanan kompresi utama tersebut selanjutnya dipakai sebagai dasar untuk menganalisis pola struktur di Pulau Jawa. Arah gaya penyebab adalah berarah Utara - Selatan.
    Pertama kali akan terbentuk sesar naik pada arah yang tegak lurus terhadap arah gaya, dalam hal ini Barat-Timur. Sedangkan sesar-sesar geser yang terbentuk selanjutnya terdapat berpasangan, saling memotong satu sama lain membentuk sudut sekitar 300 dengan arah gaya penyebab. Kemudian pada keadaan tertentu akan terbentuk struktur-struktur orde selanjutnya. Mengikuti konsep ini maka dapat diketahui bahwa arah gaya penyebab terbentuknya unsur-unsur struktur geologi di daerah pemetaan berarah Utara-Selatan.
    Beberapa unsur mengenai tektonik yang dikemukakan yaitu :
    1. Sistem rekahan meridian (meridional shear system) ditafsirkan muncul di Jawa sebagai hasil kompresi lateral Utara-Selatan yang sangat erat hubungannya dengan pergerakan relatif Lempeng Samudera Hindia (Indian Ocean Plate) ke arah utara terhadap Lempeng Asia (Asia Plate).
      Sistem Sesar Mendatar di Pulau Jawa Berdasarkan Konsep Sesar Ulir (Wrenching Tectonic Conceps) dari Situmorang (1976)
    2. Uliran (Wrenches) orde pertama, kedua dan ketiga dapat dijumpai di Jawa. Lipatan pada umumnya mengikuti sistem lipatan primer dimana hanya beberapa lipatan di sekitar Jakarta dianggap berasal dari seretan orde kedua (second drag). Berdasarkan pengukuran beratus-ratus arah jurus sesar di Laut Jawa-Madura, dapat disimpulkan bahwa arah umum dari seluruh gaya yang bekerja adalah Baratdaya-Timur Laut.

    Untuk Wilayah Kabupaten Bekasi dengan karakteristik morfologi seperti diuraikan di atas menurut Mabbery, 1972 cocok untuk: rekreasi umum, bangunan terstruktur, perkotaan umum, perumahan konvensional, pusat perdagangan, jalan raya, lapangan terbang, Jalan kereta api, wilayah transmigrasi/lahan pertanian. Namun, untuk pemukiman dan Industri perlu diperhatikan cara pembuangan limbah dan ditunjang dengan sistem drainase yang baik untuk menghindari bahaya banjir dan aliran massa tanah/batuan atau sebaiknya daerah rawan banjir dibiarkan terbuka atau taman.
    Untuk pembangunan gedung berstruktur/bertingkat harus melalui hasil penelitian yang seksama karena pada daerah ini mempunyai daya dukung tanah rendah-sedang (< 7,2 – 21.6 ton/m2), akan sangat rawan sekali terjadinya Land Subsidence (amblasan).
    Kemudian, untuk lebih jelasnya Kondisi geologi di Wilayah Kabupaten Bekasi menurut Desa/Kelurahan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Berdasarkan tabel tersebut, kondisi geologi di Wilayah Kabupaten Bekasi terdiri dari, Formasi Subang, Formasi Parigi, Formasi Cihoe, Sungai, Endapan Rawa, Satuan Batu pasir Konglomeratan dan Batu lanau, Rawa, Endapan Sungai Muda, Satuan Batu pasir Tufan dan Konglomeratan, Endapan Rawa, Endapan Laut Dangkal, Endapan Dataran Banjir.

 Geolistrik adalah suatu metoda eksplorasi geofisika untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan  dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan batuan. Sifat-sifat kelistrikan tersebut adalah, antara lain. tahanan jenis (specific resistivity, conductivity, dielectrical  constant, kemampuan menimbulkan self potential dan medan induksi serta sifat menyimpan potensial dan lain-lain.

Metoda geolistrik menempati tempat yang unik pada klasifikasi geolistrik. Metoda - metoda ekpslorasi geolistrik sangat beragam, ada metoda yang dapat dimasukkan dalam kategori dinamis, akan tetapi ada juga yang dapat dimasukkan kedalam kategori statis. 

Well logging merupakan perekaman karakteristik dari suatu formasi batuan yang diperoleh melalui pengukuran pada sumur bor (Ellis & Singer,2008). Data yang dihasilkan disebut sebagai well log.Berdasarkan proses kerjanya, logging dibagi menjadi dua jenis yaitu wireline logging dan logging while drilling bor (Ellis & Singer,2008)1. Wireline logging  dilakukan ketika pemboran telah berhenti dan kabel digunakan sebagai alat untuk mentransmisikan data. 2. Logging while drilling, logging dapat dilakukan bersamaan dengan pemboran. Logging jenis ini tidak menggunakan kabel untuk mentransmisikan data. Saat ini logging while drilling lebih banyak digunakan karena lebih praktis sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien walaupun masih memiliki kekurangan berupa transmisi data yang tidak secepat wireline logging.
"Ayo segera hubungi kami untuk masalah prioritas penyediaan air bersih untuk rumah maupun indutri"
Contact Person / Hubungi Kami :
         
Bila anda masih memiliki pertanyaan dengan produk maupun layanan kami, anda dapat menghubungi kami di :
AHLI PENGEBORAN SUMUR CV. INDONESIA DRILLING

Joko Murdiyanto . S.T
 0856–9121-2424 / 0813-1124-4499 

( TLP/SMS/Whatsapp)
5F63FDAE
( BBM PIN )


EMAIL : jasageolistrik@gmail.com
indonesiadrilling@gmail.com

ALAMAT KANTOR : 


Jln. Raya Mes Al Jatirangga RT 01/13 No 5 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17434 (Pinggir Jalan Raya, Samping Gang SDN Jatirangga 2, Komp POLRI Jatirangga )

TAG
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  GDR Architect
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Mutiara Residence
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Senopati Estate Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bumi Rahayu 6
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Pemda Jatiasih
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Area Perumahan
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Bekasi Timur Regency 5 Cluster Hibiscus
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Puri Gading
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Jakapermai
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Ambapura
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Christa Residence 3
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bintara Jaya Permai
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Jaka Kencana
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Kota Bks, Jawa Barat
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Grand Prima Bintara
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Area Perumahan
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Delta Pekayon
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Taman Kota Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Royal Cikunir
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Griya Nusa Citra Jatisari Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Graha Indah
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Harapan Baru I
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  he Palm Residence
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Pondok Timur Mas
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Violet Garden
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  GRIYA BINTARA INDAH
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bintara Loka Indah
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Taman Nirwana
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Villa Meutia Kirana
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan BEKASI GREEN CITY
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan SBS
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bunga Raya
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Rumah Minimalis Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Panorama Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  D'Kranji Residence
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Taman Wisma Asri
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Sahara Indah Permai
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan thalal yapemas
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perum Perumnas Regional 3 Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Cluster Hessonite (Bekasi Timur Regensi 3)
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bekasi Griya Pratama
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  THE PALM 3 RESIDENCE
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Tytyan Indah
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Sakura Regency 3
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Rumah Murah di Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Murah Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumnas 1
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Anastra Village
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Bekasi Regensi 2
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Taman Nirwana 2
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Grand Wisata
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Mutiara Bekasi Jaya
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Villa Bahagia
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  De'Minimalist
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Permata Legenda
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Grand Taman Raya Bekasi
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Masnaga Bintara Jaya
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Griya Kota Bekasi 2
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Alamanda Regency Cluster Barcelona
TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Perumahan Turi Indah Regency

TLP / WA 0813 1124 4499 - Jasa Sumur Bor Murah dan Terpercaya  Segara City

1 komentar:

  1. Berikut Ini daerah Untuk Jasa Pengeboran Sumur di ecamatan Kelurahan Dan Desa Di Kabupaten Bekasi

    23 Kecamatan Kabupaten BekasiJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan BabelanJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan BojongmangguJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan CabangbunginJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan CibarusahJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan CibitungJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Cikarang BaratJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Cikarang PusatJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Cikarang SelatanJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Cikarang TimurJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Cikarang UtaraJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan KedungwaringinJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan KarangbahagiaJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Muara GembongJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan PebayuranJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Serang BaruJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan SetuJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan SukakaryaJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan SukataniJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan SukawangiJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Tambun SelatanJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Tambun UtaraJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Taruma JayaJasa Pengeboran Sumur & Geolistrik Kelurahan & Desa di Kecamatan Tambelang

    BalasHapus

Artikel Terpopuler JASAGEOLOGI.COM